tabungan digital

Kelebihan Tabungan Digital Dibandingkan Tabungan Konvensional

Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat seluruh aktivitas menjadi lebih mudah. Kecanggihan teknologi ini juga dapat kita rasakan hampir di seluruh bidang kehidupan, mulai dari pendidikan, kesehatan, sampai ekonomi. Saat ini pun sudah hadir digital banking yang sudah menjadi kebutuhan masyarakat untuk menabung dengan lebih mudah dan efisien. 

Di bank digital, para nasabah bisa menabung sama seperti di bank konvensional. Tetapi, terdapat beberapa perbedaan pada kedua opsi ini sebab perbedaan teknologi yang dipakai. Untuk itu, mari simak ulasan mengenai kelebihan dari tabungan digital di bawah ini. 

Inilah 6 Kelebihan Tabungan Digital 

  • Online atau On Site

Satu hal ini menjadi perbedaan yang sangat terlihat dari bank digital dan bank konvensional yaitu cara yang dilakukan ketika ingin menabung. Umumnya di bank digital seluruh transaksi dapat dilaksanakan secara online sesuai dengan aturan yang berlaku.

Namun, berbeda jika di bank konvensional, Anda diharuskan untuk datang ke cabang bank terdekat yang bersangkutan supaya bisa membuka tabungan baru dan melakukan kegiatan transaksi lainnya. Tentunya menabung secara online akan jauh lebih praktis sebab Anda tidak harus menghabiskan banyak waktu dan tenaga hanya untuk mengantri di bank. 

  • Bunga tabungan 

Bank digital memiliki cara sendiri untuk menarik para nasabahnya, caranya yaitu dengan memberikan bunga tabungan yang besar daripada bank konvensional. Bila suku bunga tabungan di bank biasa hanya bisa didapatkan sekitar 1% sampai 3%, maka bank digital ini bisa memberikan bunga sampai 5%. 

Bunga yang tinggi bisa memikat para calon nasabah untuk membuka tabungan online. Dengan bunga yang besar ini tentunya Anda juga harus menabung dengan nominal yang besar. 

  • Membayar tagihan lebih efisien

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh bank digital yaitu bisa dipakai untuk membayar tagihan seperti biaya air, internet, listrik, hingga cicilan Semuanya dapat dibayarkan secara mudah dengan saldo yang terdapat dalam tabungan digital yang Anda gunakan. 

Pada tabungan dari bank konvensional, beberapa fitur-fitur pembayaran di atas bisa Anda temukan di ATM. Sehingga, jika Anda ingin melakukan pembayaran apa saja harus selalu menggunakan ATM. Tentu saja di zaman ini cara tersebut dianggap kurang praktis dan merepotkan karena Anda harus mencari ATM. 

  • Memakai aplikasi 

Perbedaan lainnya yaitu tabungan digital menggunakan aplikasi dan tabungan konvensional tidak memakai aplikasi. Aplikasi tabungan digital ini juga bisa Anda unduh dengan mudah di App Store atau Play Store. Dengan aplikasi tersebutlah Anda bisa melakukan seluruh transaksi yang diperlukan. 

Masing-masing bank tentu saja akan memberikan fitur-fitur unggul yang mereka miliki, dan pastinya ditentukan juga dengan karakteristik dari penggunanya. Dengan display aplikasi yang mudah untuk digunakan dan menarik, pengalaman menabung secara online juga bisa lebih menyenangkan. 

Selain itu, terdapat hal lainnya yang menarik dari bank digital seperti para nasabah bisa menyetorkan tabungan ke pos-pos yang berbeda sesuai dengan tujuannya. Opsi tersebut tentu saja tidak dimiliki oleh bank konvensional. 

  • Perbedaan risiko keamanan 

Tak dapat diabaikan begitu saja jika sudah menyangkut soal keamanan. Perbedaan dari bank digital dan bank konvensional juga ada pada risiko keamanan yang perlu dihadapi. Jika Anda menabung di bank konvensional, bisa dikatakan risiko yang terjadi seperti uang tercecer, di hadang pelaku kejahatan ketika membawa uang ke bank dan sejenisnya. 

Sementara pada bank digital, seluruh aktivitasnya bersifat tanpa uang tunai atau cashless. Tetapi, risiko yang akan Anda hadapi yaitu adanya pembobolan rekening oleh hacker yang tidak bertanggung jawab. Ada banyak sekali modus yang akan dilakukan oleh para penjahat untuk membuat Anda lengah sehingga bisa menarik uang yang Anda simpan di bank digital ini. 

  • Bergantung pada sinyal 

Transaksi di bank digital hanya bisa Anda lakukan jika memiliki kuota dan jaringan internet yang bagus. Bila Anda tidak memiliki dua hal tersebut, tentu saja aplikasi tidak dapat digunakan untuk seluruh transaksi apa saja. Hal tersebut juga menjadi salah satu kendala, terutama bila Anda sedang berada di wilayah yang tidak mempunyai jaringan internet yang kuat. 

Selain itu, transaksi juga tidak bisa dilakukan jika Anda tidak memiliki kuota internet, sehingga transaksi akan tertunda. Pastinya hal ini tidak akan Anda rasakan jika Anda menabung di bank konvensional, Anda bisa secara langsung datang ke kantor cabang bank terdekat untuk menabung. 

Dengan dibantu oleh customer service atau teller bank, seluruh keperluan Anda dalam bertransaksi dapat diselesaikan dengan mudah di hari itu juga. Jadi, tabungan konvensional dan tabungan digital memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Oleh sebab itu, Anda harus bisa mempertimbangkan kembali hal-hal di atas untuk menentukan pilihan untuk tempat menabung.